Senin, 26 Agustus 2013

TAHUKAH ANDA TENTANG PRAMUGARI ?

Rasanya sedikit orang yang menyadari mengenai keberadaan tugas dan tanggungjawab wanita-wanita yang anda temukan ketika bepergian dengan pesawat, mereka yang menyambut anda dengan senyuman manis, itulah Pramugari.
Akan tetapi apakah anda pernah tahu bahwa :
1. Mereka pernah dilatih masuk hutan dan berenang di laut untuk menolongmu dalam kondisi yang terburuk.
2. Mereka membagikan makanan untuk kamu, setelah itu baru dia makan untuk dirinya sendiri.
3. Untuk cabin crew yang muslim. Mereka lebih sering tayamum dari pada wudhu. Mereka sholat dengan duduk di jump seat-nya seolah baru sakit. Mereka sholat tidak tentu waktu karena mereka berpindah-pindah sangat cepat. Mereka sholat tidak tentu arah kiblat. Inilah keterbatasan Pramugari dalam pencarian nafkah, bahkan antara aku dengan Sang Pencipta.
4. Saat suhu di dalam pesawat terasa panas karena AC error, mereka juga kepanasan bukan hanya anda. Jadi berhentilah menggerutu pada mereka.
5. Mereka hari ini sudah menjalani 6 kali flight yang delay dengan penumpang yang menggerutu dan tetap harus tersenyum. Senyuman adalah senjata mereka.
(foto ilustrasi: atase_malaysia)
6. Bermacam tipe dan profesi penumpang yang naik di pesawat. Dari pejabat sampai tukang sol sepatu. Dari yang diam, berisik sampai yang jail sekalipun dia tetap harus menegur anda dengan ramah-tamah yang penuh senyuman.
7. Berapa kali mereka digoda penumpang dalam sehari. Dari anak muda bau kencur sampai orang tua bau tanah, dan mereka harus tetap berlaku ramah, menghindar dengan halus walau hasrat hati ingin melempar sepatu ke muka sipengoda.
8. Mereka bisa mengatasi penyakit jantung, asma dan lain sebagainya termasuk membantu persalinan. Mereka juga mampu mengoperasikan emergency equipment, mengatasi teroris, menjinakkan bom dan sebagainya karena di pesawat cuma mereka yang bisa anda andalkan, maka mereka mendapat pendidikan dan pelatihan super ekstra.
9. Mereka berdoa supaya semua lancar selama penerbangan, sehingga semua bisa sampai ke tempat tujuan dengan selamat.
10. Anda mungkin selalu melihat mereka tersenyum sejak take-off sampai landing. Tetapi apakah anda tahu bahwa, jauh di dalam hatinya, mereka menangis rindu keluarga, dan memikirkan ayah-bundanya yang semakin menua.
11. Kadang kamu melihat mereka dengan barang bermerek, padahal mereka berbelanja karena berusaha melupakan segala rasa kangen untuk pulang ke rumah krna terhalang tugas.
(foto ilustrasi: ekonomi.kompasiana.com)
12. Kadang anda melihat mereka berjalan tergesa-gesa di pintu terminal. Yang anda tidak tahu bahwa mereka ingin harinya cepat berlalu, segera besok, dan hari selanjutnya, menjadikan sehari lebih dekat dengan cuti tahunan mereka. Ini melelahkan dan menjemukan jauh dari keluarga.
13. Kadang anda lihat mereka duduk di jump seat samping pintu darurat, ketika selesai melayani anda, mereka tidak juga memejamkan matanya. Apakah anda tahu bahwa mereka sangat mengantuk, sampai mereka bisa tidur tanpa harus memejamkan mata. Mereka menjalani flight pagi buta bahkan ayampun belum berkokok atau flight tengah malam ketika banyak orang sudah tertidur lelap.
14. Kadang anda protes karena tidak ada pilihan untuk makan siangmu. Apakah anda tahu bahwa merekapun ingin memenuhi keinginanmu, tapi mereka tidak mampu berbuat apa-apa, karena tidak semua ada di sini. Ini pesawat terbang bukan hotel berbintang. Mereka front liner yang kena omelan anda.
15. Kadang anda minta mereka memasukkan tentenganmu ke bagasi di atas tempat duduk anda. Apakah anda tahu bahwa mereka tidak diijinkan melakukannya. Selain mereka adalah wanita, bagaimana kalau semua penumpang meminta hal yang sama ? Maaf, mereka pramugari bukan kuli.
16. Mereka sangat berharap ada di posisi sepertimu. Bepergian dengan keluarga, duduk di samping orang yang disayang. Duduk bersebelahan dengan kekasih untuk berangkat liburan. Naik pesawat untuk pulang mudik lebaran, natalan dan sebagainya, karena mereka tak seberuntung anda.
17. Ketika mereka melihat ke luar pesawat, mereka ingin merasakan apa yang terjadi di luar sana karena 70% waktunya dihabiskan di dalam tubuh burung besi itu.

18. Bukan hanya paras cantik, smart & body bagus, salary tinggi, breakfast di Medan, lunch di Singapura, numpang pipis di Denpasar. Dinner di Makasar dan tidur di Sydney. Ini tentang hati. Ini tentang social time yang terenggut dari seorang Pramugari. Ini tentang profesionalitas. Tersenyum atas nama profesionalitas. Mau tulus atau palsu bukan menu pokoknya.


Didedikasikan untuk para Pramugari di mana saja berada.
Stabat, 14 Februari 2011
Penulis adalah Kepala Puskesmas Kelurahan Beras Basah, Kecamatan Pangkalansusu, Kabupaten Langkat, Provinsi Sumatera Utara, dan alumni Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) Helvetia Medan Angkatan 2006.