Senin, 26 Agustus 2013

Garuda Indonesia Wisuda 21 Pilot Baru

Garuda Indonesia Wisuda 21 Pilot Baru

Pesawat Garuda Indonesia.
Pesawat Garuda Indonesia. (sumber: JG Photo/ Jurnasyanto Soekarno)
Jakarta - PT Garuda Indonesia Tbk mewisuda 21 pilot baru dari sekolah penerbangan Bali International Flight Academy (BIFA). Setelah menempuh pendidikan selama 16 bulan untuk meraih sertifikasi Private Pilot License (PPL), Commercial Pilot License (CPL), dan Instrument Rating, para pilot tersebut selanjutnya akan bekerja untuk maskapai plat merah tersebut.
Acara wisuda dan penyerahan para pilot tersebut dilakukan oleh Chairman BIFA Robby Djohan kepada Direktur Operasi PT Garuda Indonesia Tbk, Novijanto Herupratomo di Auditorium Garuda City Center, Cengkareng, Jumat (23/8).
“Kerjasama dengan BIFA ini sangat membantu Garuda Indonesia dalam pencapaian program ekspansi perusahaan ke depan khususnya dalam pemenuhan kebutuhan Sumber Daya Manusia pilot. Ini sejalan dengan pengembangan armada yang dilaksanakan Garuda,” kata Novijanto. Para pilot ini, lanjut Novijanto, selanjutnya akan mendapatkan pendidikan lanjutan selama enam bulan lagi di Garuda Indonesia untuk mendapatkan pendidikan “typerating” agar memenuhi kualifikasi dalam menerbangkan jenis pesawat yang akan mereka operasikan nantinya.
Sedangkan Chairman BIFA Robby Djohan mengatakan, kerjasama pelatihan para penerbang dengan Garuda Indonesia telah berjalan kurang lebih empat tahun dan telah menghasilkan lebih dari 280 pilot. “Kerjasama ini merupakan bentuk dukungan BIFA kepada maskapai nasional Indonesia. Kami turut senang dengan berbagai kemajuan yang telah diraih Garuda Indonesia, dan kami bangga telah menjadi bagian dalam program transformasi Garuda Indonesia, khususnya dalam mendukung Garuda Indonesia dalam merealisasikan visinya menjadi perusahaan penerbangan global melalui program Quantum Leap,” papar Robby Djohan.
Untuk diketahui, guna mengisi kebutuhan pilot, selain dengan BIFA, Garuda Indonesia juga bekerjasama dengan STPI Curug dan sekolah penerbang lainnya. BIFA telah berhasil mendidik sebanyak dua belas angkatan pilot Garuda dengan jumlah sekitar 280 pilot dimana angkatan pertama diterima Garuda pada Maret 2010. BIFA merupakan sekolah penerbang berstandar internasional yang menawarkan pendidikan untuk berkarir di bidang industry aviasi sebagai penerbang. Melalui program pendidikan di BIFA para murid berkesempatan untuk mendapatkan sertifikat Commercial Pilot License (CPL) dengan standar yang tinggi.
Seluruh pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) penerbang tersebut dimaksudkan untuk mendukung program ekspansi Garuda Indonesia khususnnya dalam hal penambahan armada. Pada tahun 2013 Garuda Indonesia akan mendatangkan 24 pesawat baru, terdiri dari empat Boeing 777-300ER, tiga Airbus A330, sepuluh Boeing 737-800NG, dan tujuh Bombardier CRJ1000 NextGen. Sejalan dengan program “Quantum Leap”, pada tahun 2015 Garuda Indonesia akan mengoperasikan 194 pesawat - dari saat ini 112 pesawat - dengan rata-rata usia di bawah lima tahun.